Jumat, 15 Februari 2013

Tips dan Triks MS.EXCEL


Membuat Ranking Kelas dengan Excel


Tutorial Sederhana Rumus Microsoft Excel
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit ilmu yang saya pahami tentang rumus-rumus excel yaitu dengan membuat tutorial sederhana tentang rumus-rumus excel, semoga bisa bermanfaat untuk sobat-sobat. Untuk pertama kali saya akan menjelaskan rumus untuk membuat ranking kelas. Dalam penyampaiannya saya akan mencoba menjelaskan sedetail-detailnya dan menggunakan  contoh yang sesederhana mungkin sehingga mudah untuk dipahami.

Tutorial 1
Rumus untuk membuat Ranking Kelas
  • Buatlah atau ketik data-data seperti contoh dibawah ini atau silahkan download disini. Gambar dibawah ini menunjukan contoh sebuah nilai ujian siswa dari mata pelajaran tertentu.

  •   Untuk JML nilai gunakan rumus pada kolom I5 =SUM(F5:H5)  yaitu untuk menjumlah total nilai dari masing-masing siswa kemudian didrag kebawah.
  • Untuk menentukan ranking kelas kita menggunkan patokan berdasarakan JML Nilai dari siswa/siswi jadi semakin tinggi jumlah nilai yang diperoleh maka akan menempati ranking pertama dan seterusnya.
  • Rumusnya ranking kelas yaitu pada kolom J5 kita ketikan rumus =RANK(I5;$I$5:$I$9)
 Ket:
I5 yaitu untuk menentukan ranking murid pada kolom J5
$I$5:$I$9 adalah rentang dari ranking kelas tersebut, yaitu dari I5 sampai I9.  jangan lupa gunakan $ supaya  rentang ranking tidak berubah ketika didrag kebawah.

Silahkan dicoba dan dipraktekan semoga beramanfaat, terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar